Thursday 3 June 2021

Eksplorasi Konsep - Berbagi Visi Murid Impian

             Visi adalah sesuatu yang ingin kita capai sehingga belum terjadi pada masa kini dan kita harus yakin akan dicapai di masa akan datang. Apabila kita bisa mengibaratkan visi adalah bintang penunjuk arah yang memandu penjelajah untuk mencapai tujuannya. 

Seorang calon guru penggerak diharapkan memiliki visi untuk memajukan sekolahnya, untuk sebuah perubahan di sekolahnya. Untuk membuat visi tersebut berikut adalah kerangka yang dapat digunakan menyusun sebuah visi:

  • Saya memimpikan murid-murid yang ……………………………………. 

  • Sekolah saya percaya bahwa murid adalah …………………………… 

  • Sekolah saya mengutamakan ………………………………………. 

  • Murid di sekolah saya sadar betul bahwa …………………………. 

  • Guru di sekolah saya yakin untuk ……………..…………………. 

  • Guru di sekolah saya paham bahwa ……………………………….

Dari kerangka tersebut penulis dapat melukiskan visi-visinya seperti di bawah ini.

Saya mimpikan murid-murid yang berakhlak dan berbudi luhur serta berprestasi. Di sekolah semua murid tetap melaksanakan kewajiban beribadah sesuai dengan agamanya dengan bimbingan para guru. Semua murid dapat membiasakan diri untuk bersikap sopan santun dan menerapkan etika ketimuran dengan tauladan para guru dan dapat menjadi kultur di sekolah. Semua murid dapat berprestasi menurut kemampuannya masing-masing. 

Sekolah saya percaya bahwa murid adalah anak didik yang dapat mengembangkan semua potensi yang ada dalam dirinya dengan bimbingan para guru. Setiap individu anak memiliki kemampuan dan potensi diri yang unik dan berbeda sehingga para guru dapat menggali kemampuan tersebut dengan bimbingannya.

Sekolah saya mengutamakan kepentingan murid di atas segalanya. Murid adalah aset sekolah utama yang dapat memajukan sekolah dengan semua kemampuannya. Apabila sekolah dapat mengembangkan semua potensi tersebut maka akan terwujudlah pendidikan yang diharapkan oleh sebuah negara. 

Murid di sekolah saya sadar betul bahwa  belajar dan mengembangkan potensi dirinya adalah tujuan mereka belajar di sekolah. Setiap siswa dapat merasakan bahwa sekolah adalah rumah kedua baginya sehingga terciptalah tempat belajar yang ramah siswa dimana siswa merasa nyaman dan aman secara fisik maupun secara psikologis.

Guru di sekolah saya yakin untuk dapat membimbing siswa mencapai prestasi yang diharapkan dan berkolaborasi memajukan sekolah bersama-sama. Setiap guru timbul kesadaran akan pentingnya berinteraksi dan bersosialisasi baik dengan siswa maupun berkolaborasi dengan guru lain sehingga rekan sejawat adalah rekan yang dapat menolong dirinya bukan sebagai kompetitor.

Guru di sekolah saya paham bahwa setiap siswa memiliki potensi yang berbeda.Setiap guru dapat memahami setiap individu siswa adalah unik yang memiliki segala keterbatasan dan kelebihan masing-masing sehingga setiap siswa dapat berprestasi sesuai dengan kemampuan dirinya.

Dari hasil kerangka diatas saya dapat menyimpulkan dalam beberapa visi yaitu:

  • Mewujudkan siswa yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berkarakter Indonesia.

  • Siswa adalah aset berharga sekolah yang dapat mengembangkan potensi dan kemampuan yang berbeda-beda untuk mencapai prestasi.

  • Sekolah yang berpihak kepada murid.

  • Siswa dapat memahami tujuan belajar di sekolah.

  • Guru yang memiliki loyalitas, berdedikasi dan berintegritas tinggi untuk memajukan siswa dan sekolah.

  • Guru memahami setiap siswa adalah unik dan memiliki potensi yang berbeda untuk mengembangkan dirinya.


 


No comments:

Post a Comment