Sunday 21 June 2020

Cerita 'Blog'

Kalau di televisi ada acara yang namanya 'President Corner' dimana acara tersebut meliput kegiatan-kegiatan yang dilakukan  oleh Presiden Jokowi dalam sepekan maka terinspirasi dari program televisi tersebut penulis ingin menuliskan kegiatan-kegiatannya sebagai seorang guru yang ingin penulis tuangkan dalam blog baru ini maka penulis memutuskan untuk menambah menu baru pada blognya dengan  memberi judul 'Teacher Corner'.

Tentu saja  saya beri nama 'Teacher Corner' sedikit tidak jauh berbeda dari acara televisi tadi dimana saya ingin menceritakan kegiatan saya sebagai seorang guru terutama yang pada saat ini sedang 'work from home' atau bekerja di rumah yang artinya pekerjaan profesi yang biasa dikerjakan di sekolah sekarang dilakukan di rumah saja yang dalam sepekan apa saja yang bisa saya tuliskan disini. 

Sebagai mana diketahui semua masyarakat, setelah siaran pers Mas Menteri Makarin yang mengumumkan bahwa tahun ajaran 2020-2021 pada daerah mulai zona kuning akibat pandemi covid-19  diwajibkan melakukan pembelajaran online 'distance learning'. Untuk itu saya sebagai guru haruslah menpersiapkan diri sepenuhnya seperti langkah-langkah apa yang akan dilakukan nanti dalam 'distance learning'. Tentunya pada saat-saat longgar setelah para siswa menyelesaikan penilaian akhir semester (PAT) para guru seperti saya tidak terlalu disibukkan dengan urusan pembelajaran dengan siswa. Maka waktu-waktu tersebut langsung saya ambil dengan mengikuti workshop online maupun webinar. Pada masa-masa seperti ini banyak sekali webinar yang diaelenggarakan oleh lembaga-lembaga pendidikan ataupun pelatihan. Workshop onlinepun juga banyak menawarkan pelatihan-pelatihan yang sangat menggiurkan bahkan gratis sehingga berkeinginan semua untuk mengikuti jadinya jadwal pelatihanpun sampai bersamaan. Karena saya sudah terlanjur mendaftar dan sayang sekali kalau terlewatkan maka dengan sekuat tenaga saya berusaha mengikuti pelatihan-pelatihan teraebut walaupun memang sangat menguras pikiran tetapi akhirnya dapat saya lalui dan lakukan dengam baik dan bahkan belum sampai pada deadline jam pengumpulan tugas saya dapat menyeleaaikan Alhamdulillah.

 Dalam sepekan ini saya sangat bersyukur dapat mengikuti berbagai kegiatan yang berhubungan dengan profesi saya sebagai seorang guru dan banyak menimba ilmu walaupun  hanya dengan  'stay @home'. Sebenarnya keinginan menulis sebuah artikel sudah ada dari dulu tetapi belum sempat terealisasi. Syukurlah dengan memiliki blog semacam ini tiba-tiba saja saya  tergerak berkeinginan untuk menulis seperti ini walaupun sebenarnya keinginan menulis apa yang  saya lakukan sudah ada pemikiran dan keinginan sejak dulu. Keinginan untuk menulis ini juga akhirnya saya salurkan lewat penulisan buku pelajaran melalui wadah MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) sehingga saya memiliki kesempatan untuk menuangkan ide-ide dan  menjadi salah satu anggota tim penulis buku pelajaran. Menulis artikel semacam ini tentulah sangat berbeda dengan menulis buku pelajaran. 

Kembali ke dalam artikel ini saya ingin menuliskan kegiatan-kegiatan yang saya lakukan sebagai seorang guru yang tentunya tidak ingin terlewatkan dan tidak terlupakan saat pandemi covid-19 seperti saat ini yang mengharuskan 'wfh' (work from) dan ternyata ada sisi baiknya juga antara lain ada waktu lebih sehingga dapat digunakan untuk menimba ilmu dari rumah dan tentu saja sedikit menghemat tenaga karena jarak rumah saya dengan sekolah tempat saya bekerja lumayan jauh sehingga sebagai seorang perempuan ini juga merupakan bisa menguras tenaga hehehe.

 Baru saja mengikuti pelatihan online pembuatan blog betapa ada kebanggaan sendiri dapat membuat blog yang menurut saya sebagai pemula sudah tercipta sebuah blog yang saya idamkan  mengingat dengan adanya blog ini saya berharap bisa menuangkan ide-ide saya yang selama ini terpendam,Untuk itulah dalam berbagi kebahagiaan ingin rasanya melalui blog ini  saya berbagi apa saja dengan teman sejawat seperti berbagi pengalaman sebagai seorang guru, berbagi perangkat kegiatan belajar menggajar maupun media pembelajaran yang saya punya.

 Di awal pekan tugas yang wajib terselesaikan adalah  menginput nilai siswa ke e-rapor.  Untunglah pekerjaan ini tidak terlalu menguras tenaga karena sebagian sudah terselesaikan lebih dahulu untuk siswa kelas XII yang memang kegiatan pembelajaran selesai lebih dulu. Tugas menginput nilai hanya tinggal  kelas X yang hanya tinggal 2 kelas dan 1 kelas SKS. Setelah urusan e-rapor selesai pada hari ke-2 pekan ini adalah seminar online yang sekarang lebih populer dinamakan webinar. Untuk mengikuti webinar ini haruslah mendaftar lebih dahulu jauh-jauh hari yaitu satu bulan yang lalu sehingga sebenarnya saya hampir lupa kalau sudah mendaftar tapi untunglah panitia juga sangat cerdik yaitu para peserta webinar ini harus masuk grup WA terlebih dahulu jadi ceritanya karena setiap saat saya memantau grup WA jadi teringatlah akan acara ini sehingga tidak terlewatkan. 

Pada hari yang sama hari Selasa juga  minggu ini adalah saat dimulainya juga workshop online yang dilakukan secara live. Nah saat-saat seperti inilah harus pandai menyiasati bagaimana supaya 2 'event' bisa dilakukan bersamaan sehingga tidak terlewatkan hehehe. Akhrnya dengan menghadiri 2 ‘event’ bersamaan tereksekusi dengan baik (saya harap panitia dari 2 ‘event’ ini tidak membaca kejujuran saya ini hehehe). 

Workshop yang ke-1 ini adalah workshop online tentang pembuatan video animasi. Saya berkeinginan mengikuti workshop ini karena sekilas tidak terlalu berat tetapi manfaatnya sangat besar menurut saya. Saya berpandangan bahwa dengan bisa membuat video animasi saya bisa menuangkan ide-ide pembalajaran untuk siswa-siswa saya dapat berkreasi sendiri sesuai apa yang saya angan-angankan. Dan benar pembuatan video ini sangat 'fun' karena kita dapat menciptakan karakter-karakter seperti apa yang kita angankan seperti menentukan wajah bagaimana wajah karakter yang akan kita mainkan, menentukan kostum karakter dengan memadu-padankan menu-menu kostum yang disediakan dan tentunya ini sangatlah menyenangkan hehhehe. Sebelumnya pengerjaan video animasi ini saya sempat 'delay' dulu karena apa karena sepertinya tidaklah sesulit kegiatan workshop lainnya yang saya ikuti yaitu workshop pembuatan blog dimana akhirnya saya mengerjakan tugas workshop pembuatan blog ini terlebih dahulu.

 Workshop pembuatan blog awalnya memang terasa berat untuk belajar secara mandiri karena kita harus memahami langkah-langkah yang diberikan secara audio visual melalui tutorial YouTube. Tidak puas dengan mengamati tutorial yang diberikan saya harus membaca modul, dan membaca modul inipun juga tidak cukup sekali dua kali saja maklum pelatihan ini adalah baru pertama kali yang saya ikuti. Oh ya yang kedua kali yang yang pertama yaitu pelatihan workshop online pembuatan e-book. Mengikuti workshop online online semacam ini akan mudah apabila modul yang diberikan langkah-langkahnya jelas tidak jarang pula ada yang modul kurang terorganisasi langkah-langkah yang diberikan itulah yang membuat kesulitan saya dalam mengerjakan tugas yang diberikan. 

Ternyata benar sudah hampir putus asa pengerjaan tugas ini karena ada modul-modul yang kurang bisa dipahami. Untuk pengerjaan modul 1 dan 2 terlewatkan dengan mulus tanpa menemui kendala. Hasil laporan pengerjaan kita harus dituliskan dalam sim guru pembelajar IGI (Ikatan Guru Imdonesia) karena ‘workshop online’ ini atas prakarsa IGI. 

Workshop yang diadkan IGI banyak sekali macamnya tinggal kemauan kita saja untuk mengikuti. Sebagai seorang guru yang tidak ingin ketinggalan dengan berbagai macam ilmu yang mendukung profesi tentunya kegiatan-kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk menimba ilmu sekaligus mempersiapkan tahun ajaran baru yang akan datang yang kira-kira apa yang akan saya lakukan dalam tahun ajaran baru yang akan datang yang mana tahun ajaran baru yang akan datang ini sangat berbeda dengan tahum-tahun ajaran selama ini. 

Pelatihan yang kedua yaitu pembuatan video animasi. Pembuatan video animasi ini adalah pengalaman yang pertama bagi saya untuk membuat film animasi. Pertama kali yang saya lakukan adalah melihat dan memperhatikan tutorial yang diberikan di channel YouTube setelah itu membaca modul yang diberikan. Dengan usaha keras akhirnya jadilah sebuah film untuk materi pembelajaran. Film animasi materi pembelajaran Bahasa Inggris ini tentunya saya harapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam tahun ajaran baru nanti ibaratnya pepatah yang mengatakan ‘Sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui’. Ya sudahalah akhirnya dengan tekad bulat tugas workshop ini sekaligus bisa saya gunakan untuk pembuatan media pembelajaran berupa video animasi sehingga dalam pelaksanaan tahun ajaran baru nanti ada sesuatu yang baru terutama bagi siswa saya besok dan dapat saya bagikan kepada para siswa supaya mereka belajar lebih mudah dalam pembelajaran daring. 

Pada akhirnya saya bisa menyelesaikan 2 tugas workshop tersebut dengan usaha yang sangat ekstra karena dengan workshop online itu kita belajar secara mandiri dan benar-benar mengaplikasikan ilmu tersebut. 

Pada akhirnya penulis berharap apabila ada kesalahan atau kekurangan dalam tulisan ini harap dimaklumi karena penulis hanya berusaha untuk belajar dan tentu saja kritik yang membangun dari para pembaca sangat ditunggu dan akan sangat bermanfaat bagi kemajuan.

 


8 comments:

  1. Sangat kereen...sebagai permulaan...sangat inspiratif...meskipun ada beberapa salah ketik dan dan ku huruf..after all the content is the most essential point here...
    Good work and good job for sharing experience ...kerenn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks a lot sis for your support☺🙏

      Delete
  2. Amazing Bu Prapti.Go on...

    ReplyDelete
  3. Ibu memang guru milenial yg bisa mengikuti perkembangan jaman.salut buat ibu.Dari tulisan pengalaman ibu aktif diberbagai macam kegiatan tentunya bermanfaat sekali bagi tmn2 seprofesi. Ilmu ibu akan lebih bermanfaat dan semakin mantap apabila ditularkan ke tmn yg membutuhkannya untuk menjawab tantangan jaman.(mgkn bs disosialisasikan melalui MGMP), sekedar usulan sj ibu guru cantik.

    ReplyDelete
  4. Terimakasih banyak inspirasi & supportnya🙏🙏

    ReplyDelete